Gerakan Pramuka Indonesia

<

 

Gambar gerakan pramuka indonesia

Gambar gerakan pramuka indonesia

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia, Namun kini seiring perkembangan jaman bukan lagi nonformal bahkan di instalansi sekolah SD,SMP, SMA, dan sederajat, diwajibkan untuk mengikuti kegiatan kepramukaan, bahkan sudah ada yang di masukkan di kurikulum/mata pelajaran sekolah.

Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya,
sedangkan “Kepramukaan” adalah beberapa kumpulan para pemuda yang mengadakan kegiatan diluar rumah untuk mencoba sesuatu hal yang positip dan menghadapi berbagai rintangan,termasuk menolong sesama mahluk hidup ciptaan tuhan.

  • Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, meliputi:
    – Pramuka Siaga (7-10 tahun)
    – Pramuka Penggalang (11-15 tahun)
    – Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan,
    – Pramuka Pandega (21-25 tahun)
  • Untuk Kelompok anggota yang diatasnya, yaitu:
    – Pembina Pramuka
    – Andalan Pramuka
    – Korps Pelatih Pramuka
    – Pamong Saka Pramuka
    – Staf Kwartir dan,
    – Majelis Pembimbing

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti yang luhur.

Gambar pramuka indonesia

Gambar pramuka indonesia

 

Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat.

  • Sedangkan tujuan Gerakan Pramuka itu untuk membentuk setiap anggota pramuka:
  1. Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani, sanggup menghadapi perubahan yang akan terjadi, manusia yang kuat dalam medan apapun
  2. Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila,menolong sesama, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna,

Pramuka pun harus dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa, dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup, dan alam lingkungan.

  • Metode Kepramukaan merupakan cara belajar interaktif progresif melalui:
    – Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka.
    – Belajar sambil melakukan.
    – Kegiatan berkelompok, bekerjasama, dan berkompetisi.
    – Kegiatan yang menarik, dan menantang.
    – Kegiatan di alam terbuka.
    – Kehadiran memberikan bimbingan, dorongan dan dukungan
    – Penghargaan berupa tanda kecakapan.
    – satuan terpisah antara putra dan putri.

Demikian sedikit ulasan Gerakan Pramuka Indonesia semoga dapat menjadi panduan dalam menerapkan materi baik untuk pramuka siaga, penggalang, penegak, bahkan hingga kakak pembina dalam Gerakan Pramuka.