Pramuka Garuda

 

Gambar pramuka garuda

Gambar pramuka garuda

 

Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka di gugus depan ataupun instalansi sekolah, dari pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, ataupun Pandega.

Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang mengenai Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gugus depannya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan tertinggi yaitu tingkat Garuda.

Medali pramuka garuda

Medali pramuka garuda

Setelah mengajukan permohonan, Kwartir akan mengevaluasi peserta didik itu tentang kelayakan, baik dalam segi mental ataupun sisi kelayakan persyaratan yang sesuai dengan peraturan.
Setelah dinilai cukup cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan di wawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat.

Setelah lulus tes wawancara dan tes kecakapan entah itu materi ataupun praktek lapangan, seorang peserta didik akan dilantik menjadi Pramuka Garuda. Pelantikan biasanya diselenggarakan bertepatan dengan perkemahan atau hari yang bermakna khusus, baik bagi peserta didik tersebut ataupun bagi Gerakan Pramuka, semisal: hari ulang tahun atau Hari Pramuka.

Pelantikan pada umumnya dihadiri oleh Tim Penguji, panitia penyelenggara, orang tua dan para tokoh Pramuka.

Demikian sedikit pengetahuan tentang bagaimana para anggota Pramuka untuk menjadi sebagai Pramuka Garuda.